Bagaimana bahan bakar biogas dibuat?

Bagaimana bahan bakar biogas dibuat?


Hari ini adalah jadwal liburan untuk anak-anak. sengaja Ayah tidak menggunakan hari libur dengan alasan kalau libur pasti ramai dan bisa dipastikan jalan macet. Ayah mengajak anak-anak melihat Kampung Susu yang menurut saya cocok untuk wisata edukasi mereka sekalian  menunjukkan bagaimana bahan bakar biogas dibuat, dan apa saja manfaat biogas dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Biogas merupakan salah satu jenis energi alternatif yang terbilang baru, dan masih dikembangkan bagi kebutuhan pemenuhan energi dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Bogas sendiri dikalim memeiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan jenis energy lainnya yang berbentuk gas, seperti LNG, LPG, dan CNG. Wajar saja biogas masih asing di telinga masyarakat Indonesia, karena kebanyakan masyarakat Indonesia belum ‘peka’ terhadap energy alternative selain bahan bakar minyak.

Biogas sendiri merupakan jenis bahan bakar gas yang diproduksi dari sampah dan limbah yang sifatnya organic, sehingga mengalami proses anaerobic yang kemudian dapat menjadi bentuk gas yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy. Limbah dan sampah yang diolah dan diproses pada dasarnya merupakan jenis limbah yang biodgradable alias bisa terurai dengan mudah, seperti kotoran hewan dan manusia, sampah daun dan kulit buah – buahan, serta jenis sampah atau limbah cair yang dibuang oleh pabrik – pabrik industry tertentu.

Tjandra Gunawan, Saya adalah Ayah dari Radisya Raisvan Gunawan dan Davian Pramajaya
Gunawan. Kebahagiaan saya adalah ketika saya dapat memberikan ilmu kepada anak-anak,
bermain dan belajar bersama mereka,  dan dapat berbagi pengalaman hidup karena mengajar
sudah menjadi kegemaran saya.