Bagaimana Es bisa Mencair Jika Diberi Garam

Bagaimana Es bisa Mencair Jika Diberi Garam
Belajar, Sains & Teknologi bersama Ayah dan Kakak RADISYA.
Bagaimana Es bisa Mencair Jika Diberi Garam ?
Di antara kita mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa garam dapur (NaCl) Nisapat mencairkan es? Sebenarnya apa yang terjadi sampai es yang padat itu bisa mencair ketika diberi garam?
Berikut Ayah akan menunjukkan kepada anak-anak bagaiman terjadinya proses pencairan ES oleh garam. Sebelumnya Ayah akan membekukan air kopi di dalam kulkas yang didalamnya Ayah beri mainan Dino kesayangan kakak Tyrex dan gorgosaurus. Tugas Kakak RADISYA adalah menyelamatkan Dinosaurus yang membeku dalam ES. Bagaimana cara mengambil dinosaurus tersebut tanoa harus melukai dinosaurus? Permainan ini akan melatih anak berfikir dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan sebuah persoalan.

Sebelumnya, kita sudah belajar dan pasti tahu kan berapa titik beku air hingga air bisa berubah menjadi es?

Sekarang Apa yang terjadi ketika kita menambahkan garam pada es tersebut? Yang akan terlihat adalah es akan mencair ketika diberi garam. Kok bisa ya?
Mengapa Es Mencair diberi Garam.

Pada saat es diberi garam, maka lapisan air yang berada dalam bentuk cair yang ada di permukaan es akan melarutkan garam. Hal tersebut akan memengaruhi lapisan-lapisan air berikutnya, sehingga pada saat itu titik beku air akan menurun dari 0 derajat Celsius atau dari 32 derajat Fahrenheit menjadi 20 derajat Fahrenheit. Jadi, pada ruang dengan temperature 0 derajat Celsius, air yang telah bercampur dengan garam tidak lagi membeku dan es akan mencair. Penurunan titik beku air dari 32 derajat Fahrenheit menjadi 20 derajat Fahrenheit disebut dengan sifat koligatif larutan. Percobaan di laboratorium dengan kondisi yang terkontrol bahkan menunjukkan bahwa larutan garam akan membeku pada temperatur -6 derajat Fahrenheit. Sekarang kita sudah paham dan mengerti kenapa es bisa mencair ketika diberi garam.

Selamat bermain dan belajar
Tjandra Gunawan, Saya adalah Ayah dari Radisya Raisvan Gunawan dan Davian Pramajaya
Gunawan. Kebahagiaan saya adalah ketika saya dapat memberikan ilmu kepada anak-anak,
bermain dan belajar bersama mereka,  dan dapat berbagi pengalaman hidup karena mengajar
sudah menjadi kegemaran saya.