Film Menarik dan inspiratif untuk anak-anak

Microbot Inspirasi Masa Depan
Adik Davian Bermain dan Merakit Microbot

BERMAIN BERSAMA ADIK DAVIAN MEMBUAT MICROBOT NYA HIRO HAMADA. Tokoh yang dapat menginspirasi anak-anak. Seperti adik Davian dan kakak Radisya, setelah beberapa kali melihat film ini mereka langsung terinspirasi dan membuat mainan microbot.   Cuplikan ceritanya bisa dibaca dibawah ini.

Dalam sebuah kota yang futuristik bernama San Fransokyo, hiduplah seorang pemuda yang sangat cerdas bernama Hiro Hamada. Saking cerdasnya Ia telah lulus dari Sekolah Menengah Keatas dalam umur 14 tahun dan sangat mahir dalam bidang robotik.

Tapi bukan hal itu yang kita bahas, bukan juga betapa menggemaskannya kelakuan Robot polos bernama Baymax bikinanan kakak Hiro, Pada saat pertama Saya nonton film ini, yang pertama Saya perhatikan adalah setting kotanya, unik banget luar biasa keren dan wow. Belum lagi kalo Saya pikir-pikir nih semua teknologi yang ada di film itu semuanya terlihat Possible alias mungkin aja bakal kenyataan di masa depan nanti.

Film yang menampilkan grafis animasi kelas atas ini tentu saja sangat memanjakan mata anak-anak, ada beberapa Hikmah Positif yang dapat kita ambil dan aplikasikan ke dalam kehidupan kita. Menurut saya Film ini sangat berkualitas dan bermutu, gak cuma menampilkan alur cerita yang bagus tapi terdapat hal positif yang bisa dijadikan pelajaran, berikut ini kesimpulan saya :

1. Jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain.
Ketika Hiro Hamada sudah tidak mempunyai ide lagi, untuk membuat sebuah penemuan yang akan menjadikan Ia masuk universitas dimana kakaknya berkuliah, Tadashi Hamada (kakaknya) terus membantu adiknya hingga Ia mendapatkan ide baru.

2. Jangan mudah putus asa.
Tadashi Hamada adalah seorang yang sangat tekun. Ia mempunyai ambisi yang tinggi akan Robot ciptaannya karena Ia yakin suatu hari nanti Robot ini (baymax) akan bermanfaat untuk orang banyak. Tetapi percobaan tersebut terus gagal dan gagal. Hamada terus mencobanya tak peduli seberapa lelah dirinya melakukan percobaan, Ia tak pernah menyerah karena selalu yakin akan ambisinya tak peduli seberapa banyak kegagalan yang telah Ia peroleh. Hingga disaat yang tak terduga bahwa Ia telah memperoleh apa yang Ia usahakan selama ini. Disitulah letak kebahagiaan yang tak ternilai harganya, disaat hal yang diperjuangan selama ini menjadi kenyataan. Dan Baymax benar-benar bermanfaat untuk orang banyak.

3. Belajarlah untuk peduli meski tak ada orang baik lagi di muka bumi ini.
Suatu ketika sebuah pameran teknologi yang ditunggu-tunggu telah berjalan dengan baik. Namun tak diduga gedung pameran terbakar secara tiba-tiba. Dan ternyata Professor Callaghan masih terjebak di dalamnya. Disaat semua orang berlarian menjauhi gedung, namun tidak untuk Tadashi Hamada, Ia malah rela mendekati maut untuk menyelamatkan sang profesor. Namun naas gedung meledak sesaat setelah Tadashi Memasuki gedung dan tewas seketika.

Tadashi rela mengorbankan nyawa untuk Professor Callaghan, namun ironis sekali profesor tersebutlah yang menyabotase kebakaran untuk memulai aksi balas dendam kepada Alistair Krei. Mengetahui hal tersebut Hiro Hamada marah besar, namun baymax mengingatkan Hiro kepada kakaknya dan menyadarkan Hiro atas kemarahanya tersebut. Hingga berada di suatu posisi dimana Hiro Hamada mempunyai kesempatan untuk menyelamatkan Anak Professor Callaghan dan melakukan hal yang sama seperti kakaknya, bukan untuk melakukan aksi balas dendam karena Kakaknya terbunuh dalam sabotase kebakaran.

4. Cari sudut pandang baru
Jika kamu berada dalam suatu masalah hingga titik yang paling rendah dimana kamu sudah tidak mampu lagi. Jangan terpuruk dan menikmati kenyataan yang ada! Cobalah untuk lihat sisi yang lain, cari sudut pandang baru dan bukalah pikiranmu. Jangan berfikir Dirimu adalah orang paling sial dimuka bumi ini tapi coba lihatlah bagaimana cara kamu menghadapi tantangan tersebut. Hidup ini penuh dengan tantangan, hadapilah dengan pikiran terbuka.

5. Jadilah teman yang selalu ada disaat mereka membutuhkan
Jadilah temen jangan yang mau enaknya aja, kalo temen lagi senang baru dibaik-baikin, giliran lagi susah malah ditinggalin. Kan kasian, coba dirangkul tanya masalahnya apa.

Tjandra Gunawan, Saya adalah Ayah dari Radisya Raisvan Gunawan dan Davian Pramajaya Gunawan. Kebahagiaan saya adalah ketika saya dapat memberikan ilmu kepada anak-anak, bermain dan belajar bersama mereka,  dan dapat berbagi pengalaman hidup karena mengajar sudah menjadi kegemaran saya.