Pendidikan gotong-royong untuk anak-anak

Memberikan Edukasi dan pemahaman kepada anak-anak tentang "GOTONG ROYONG" dan Mengenal lebih dekat Aktifitas Nelayan.


Ayah sengaja memilih liburan ke Pantai Damas karena Aktivitas Tarik Jala dilakukan di pantai ini.
Pantai Damas adalah salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Trenggalek. Pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan meskipun sudah dinyatakan sebagai destinasi wisata, sehingga pantai ini masih alami. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan tanpa terlalu banyak keramaian dengan lingkungan alami ala pantai laut selatan pulau Jawa.

Di sini cocok untuk berkemah, surfing dan berenang. Terdapat Hutan dan pohon kelapa di sepanjang pantai Damas. Pantai Damas terletak dalam kawasan wisata Pantai Prigi yang mempunyai banyak destinasi wisata pantai seperti Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Karanggongso dan tentu saja Pantai Damas.

Salah satu ciri khas dari Pantai Damas adalah hutan pohon kelapa di sepanjang garis pantainya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Jala yang sangat panjang disebar di jalan-jalan sepanjang Pantai Damas dan bisa dilewati oleh kendaraan yang lalu lalang Lebih jauh lagi, pada saat-saat tertentu kita bisa melihat para nelayan sedang melakukan kegiatan di Pantai Damas. Kadang-kadang kita bisa melihat para nelayan sedang menggelar jala di sepanjang jalan menuju Pantai Damas. Jala ini sangat panjang dan kadang-kadang bisa dilewati oleh kendaraan yang lalu lalang di sana. Kegiatan ini biasa terlihat di sepanjang kawasan wisata Pantai Damas dan sekitarnya.

Kalau kita beruntung, kita bisa bertemu dengan para nelayan yang sedang menarik jala di bibir pantai. Jala ini sangat panjang dan ditarik oleh banyak orang. Jala ditarik oleh perahu ke tengah laut. Panjang jala yang bisa mencapai 10km bisa menjangkau area sampai tengah laut dan memungkinkan bisa menangkap banyak ikan. Lalu jala itu dibiarkan beberapa saat untuk kemudian ditarik ke pinggir oleh banyak orang.

Beberapa orang nelayan bekerja sama dalam menarik jala, Ombak yang besar tidak menjadi halangan bagi nelayan Pantai Damas untuk mengais rejeki dari laut. Kegiatan menarik jala ini sendiri menunjukkan sebuah pesan kearifan lokal tentang budaya gotong royong yang hidup di tengah-tengah masyarakat nelayan di Pantai Damas. Beberapa orang bekerja bersama untuk mendapatkan ikan untuk kemudian mereka nikmati bersama hasilnya. Semua pembagian pekerjaan dan hasilnya merupakan salah satu produk kerjasama yang dikemas secara kekeluargaan, cinta dan kebersamaan. Ringan sama dijinjing, berat sama ditarik.