Pengenalan satwa sejak dini sangatlah penting

Pengenalan satwa sejak dini sangatlah penting


Pengenalan satwa sejak dini sangatlah penting untuk perkembangan psikologi anak dan motorik otaknya, banyak anak-anak di jaman ini yang takut pada binatang, hal ini karena ketidak tahuan kita sebagai orang tua untuk mengenalkan binatang-binatang serta penyikapannya. Bahkan banyak yang kurang tepat dalam menyikapi hal ini, misalnya orang tua justru menakut-nakutinya, yang kemudian hal ini menjadi doktrin yang kuat dalam jiwa anak, kemudian saat anak tersebut dewasa rasa takut telah menjadi dokma yang susah dihilangkan.

Pada kesempatan ini Ayah mengajak anak-anak berlibur dan mengenal lebih dekat beragam satwa. Mengingat Satwa sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Hampir
setiap aktivitas manusia tak pernah lepas dari dunia satwa bahkan satwa sering kali dikaryakan untuk menunjang pekerjaan manusia. Seperti membajak sawah, menjaga rumah, dan lainnya.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan aktivitas seperti ini, kita bisa memberikan wawasan kepada anak-anak betapa pentingnya mencintai satwa. Selain membantu manusia, satwa merupakan penyeimbang alam Contoh serangga air yang berperan sebagai indikator polusi air, ular sawah yang memangsa tikus pemakan padi kemudian burung yang membantu penyerbukan dan penyebaran biji-bijian di hutan. Masih
banyak lagi "tugas-tugas" yang sanggup dikerjakan satwa lainnya.

Melihat peran satwa yang amat beragam itu, satwa bisa menjadi sumber pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Bagi anak-anak pengetahuan tentang satwa bisa dimulai sejak dini, agar rasa sayang terhadap satwa bisa muncul dan membekas hingga dewasa. Diharapkan kelak ketika anak-anak tumbuh dewasa nanti timbul sikap bijak terhadap kelestarian lingkungannya.